1.Diagram VoIP
9.suatu signalling protokol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang meliputi suara, video, atau text adalah pengertian dari..
Untuk membangun suatu jaringan VoIP, ada beberapa
variasi dalam sambungannya. Ada koneksi dari komputer ke komputer dengan
menggunakan soundcard dan headset melalui jaringan LAN maupun
internet. Ada juga yang melalui komunikasi suara dari komputer ke telepon IP,
maupun lewat telepon biasa yang menggunakan gateway atau perangkat yang sudah disediakan
oleh suatu perusahaan agar dapat mengakses PTSN (Public Switched Telephone
Network) setempat.
2. Proses kerja Dalam Komponen Diagram VoIP.
Proses kerja VoIP adalah mengubah suara analog
yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital, kemudian
dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan
internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau
bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang
disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
3. Pengertian PBX
PBX adalah
penyedia layanan telefon yang melayani pertukaran telfon yang dilayani oleh
pusat di dalam suatu perusaahaan,dan menjadi penghubung antara telefon dari
publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak
perusahaan lainnya di area yang lebih luas atau untuk publik. PBX adalah
singkatan dari Private Branch Exchange.
Keuntungan
dari PBX adalah Menghemat Biaya dan Menghindari tabrakan Jaringan Dalam Suatu perusahaan.
PBX
menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan
internal dan menghubungkan juga telepon dalam
perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN – public
switched telephone network) melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi
antara pengirim dengan penerima melalui central office).
Jaringan ini
menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan hal
lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk. Oleh
karena itu, telepondengan
sistem PBX tidak hanya berfungsi untuk kegiatan telepon,
namun juga dapat mengirim fax atau modem akses internet.
PBX
dibedakan dari ‘sistem kunci’ yang dilakukan pengguna secara manual ketika ia
menekan nomor tujuan. Maka dari itu, secara otomatis PBX akan menuju jalur
sesuai dengan nomor yang dituju pengguna. Sistem ini disebut dengan Hybrid
systems. ‘Sistem kunci ini dibuat dengan memilih jalur keluar khusus dengan
menekan nomor eksternal.
Namun, sistem PBX memiliki kode
telepon untuk menghubungkan satu saluran dengan saluran luar
(DDCO – direct dial central office), dan diikuti dengan nomor eksternal.
Sistem PBX memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara
internal dan eksternal dengan menggunakan kode
telepon yang telah terdaftar di Central Office maupun
di DDCO.
4. Proses Kerja PBX Server Softswitch
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP,
Server IP PBX dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software(softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel,
mendaftar ke server IP PBX,
dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan.
IP PBX memiliki daftar semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai dengan SIP mereka dan dengandemikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau menyedia layanan VOIP .
IP PBX memiliki daftar semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai dengan SIP mereka dan dengandemikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau menyedia layanan VOIP .
Konsep Dan Proses Kerja Voip Dengan Komunikasi Pbx
Prinsip kerja VoIP adalah mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada Komputer menjadi paket data digital,
kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.
Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan,
dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter).
Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaika, dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog.
Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet.
Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara.
Pada perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.
Kebutuhan Bagian Komunikasi Pbx Pada Server Softswitch
1. Media Gateway Controller (MGC) atau Call Agent
MGC atau Call Agent adalah elemenutama softswitch, berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi elemen-elemen jaringan yang lain, dan menjembatani jaringan dengan karakteristik yang berbeda, yakni termasuk PSTN, SS7, dan jaringan IP.
2. Signalling Gateway (SG)
Signalling gateway (SG) menciptakan suatu jembatan antara jaringan SS7 dengan jaringan IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menangani pensinyalan SS7,sedangkan MGC menangani sirkit suara yang telah dibangun oleh mekanismepensinyalan SS7.
3. Media Gateway (MG)
Media gateway berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda, seperti PSTN,PLMN, VoIP H.323, dan jaringan akses pelanggan. Media gatewayterbagi menjadi trunk gateway dan access gateway
- Trunk gateway adalah mediagateway yang menjalankan fungsi media bagi softswitch class 4, yaitu merutekan trafik dari jaringan PSTN/PLMN (jaringan mobile).Trunk gateway akan melakukan proses konversi terhadap format transmisi jaringan terhubung yang berbeda beda, baik format sinyalt rafik maupun signalling atau protokolnya.
- Access gateway adalah media gateway yang menjalankan fungsi media bagi softswitch class 5 untuk menghubungkan softswitchdengan jaringan korporasi atau terminal pelanggan (CPE).
4. Media Server
Media server melaksanakan fungsinya yakni, untuk memperkaya softswitch dengan kemampuan media. Jika diperlukan, ini akan mendukung digital signal processing (DSP). Misalnya yakni untuk menanggapi respon suara, tugas itu akan dilakukan oleh media server. Media Video juga akan dilayani oleh suatu Media Server manakala bisa diterapkan.Media akses adalah media yang digunakan oleh jaringan softswitch untuk menjangkau pelanggan. Media akses dapat menggunakan cable modem, leasedcircuit, v.52, DSL, HFC, dan radio akses.
5. Feature Server
Untuk Menyediakan fasilitas atau layanan seperti billing, multi-partyconferencing, dll. Feature server menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen yang lain pada softswitch tersebut. Contoh :gatekeeper, dll.
6. Operating support system (OSS)
Adalah elemen jaringan yang berfungsi untuk mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan, seperti managemen jaringan, provisioning, billing, monitoring,statistik, dll.
Fungsi PBX :
Terdapat
beberapa fungsi dari PBX yaitu:
1.Membuat koneksi (sirkuit) atau
menghubungkan antara telepon
pengguna dengan yang
dituju(misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringan telepon
tidak sibuk)
2.Menjaga koneksi atau sambungan selama
menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim
dengan penerima pesan)
4.Menyediakan informasi untuk kepentingan
akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
Selain
fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan
umum lainnya yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem
yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan
sistem lainnya. Kemampuan umum tersebut meliputi :
1.Layanan otomatis panggilan
2.Layanan otomatis direktori (dimana
pemanggil dapat dialihkan ke karyawan yang diberikan dengan memasukkan huruf
nama karyawan tersebut)
3.Layanan otomatis nada tunggu
4.Metering call atau tampilan waktu panggilan
5.Memblokir panggilan
6.Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon
sedang sibuk atau tidak diangkat)
7.Panggilan pick-up
8.Transfer panggilan
9.Panggilan tunggu
10.Modifikasi kata sambutan
11.Panggilan cepat
12.Direct Inward Dialing (dapat melakukan
panggilan Telepon ke banyak jaringan dalam satu area, biasa disebut
telekonfersi)
13.DISA - direct inward system
access adalah kemampuan melakukan panggilan dari internal kesaluran telepon
luar
15.Respon interaktif suara
16.Layanan musik tunggu
17.surat suara
18.Pesan pembuka atau sambutan (misal, selamat datang
di layanan cellular operators).
5. Pengertian SIP (Session Initial Protocol)
SIP adalah suatu
signalling protokol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun,
memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau
beberapa pengguna.
Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang
meliputi suara, video, atau text.
SIP tidak menyediakan layanan secara
langsung, tetapi menyediakan fondasi yang dapat digunakan oleh protokol
aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna,
misalnya dengan RTP ( Real Time Tr ansport Protocol ) untuk transfer data
secara real - time , dengan SDP ( Session Description Protocol ) untuk
mendeskripsikan sesi multimedia, dengan MEGACO ( Media Gateway Control Protocol
) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network).
Meskipun demikian,
fungsi dan operasi dasar SIP tidak tergantung pada protokol tersebut. SIP juga
tidak tergantung pada protokol layer transport yang digunakan.
Pembangunan
suatu komunikasi multimedia dengan SIP dilakukan melalui beberapa tahap :
User
location : menentukan lokasi pengguna yang akan berkomunikasi.
User
availability : menentukan tingkat keinginan pihak yang dipanggil untuk terlibat
dalam komunikasi.
User
capability : menentukan media maupun parameter yang berhubungan dengan media
yang akan digunakan untuk komunikasi.
Session
setup : “ringing”, pembentukan hubungan antara pihak pemanggil dan pihak
yang dipanggil.
Session
management : meliputi transfer, modifikasi, dan pemutusan sesi.
Komunikasi
dengan SIP
Komunikasi
pada SIP dilakukan dengan mengirimkan message yang berbasis HTTP.
Setiap
pengguna mempunyai alamat yang dinyatakan dengan SIP-URI
(Uniform
Resource Identification).
Contoh SIP
URI : sip: mona@palembang.com
Selain itu,
alamat juga dapat dituliskan dalam tel-URL yang kemudian dikonversikan
menja di SIP
-URI dengan parameter‘user’ diisi ‘phone’.
Contoh :
tel: +62-21-2567011
ekivalen
dengan
sip:
+62-21-2567011@palembang.com ; user=phone
Isi pesan di dalam SIP didefinisikan dalam 2
format (RFC 3261)[14], seperti :
1. Request
(dikirim dari client to server), berisi operasi yang diminta oleh client.
2. Response
(dikirim dari server ke client), berisi informasi tentang permintaan status
dari client.
Ada 6 tipe
utama pesan permintaan seperti di bawah ini[14] :
1) INVITE : mengindikasikan
jika user atau layanan sedang diundang untuk bergabung dengan sesi.
2) ACK :
mengkonfirmasi jika client sudah menerima respon terakhir untuk permintaan
INVITE, dan hanya digunakan di permintaan REQUEST.
3) OPTION :
digunakan untuk mempertanyakan server tentang kemampuannya
4) BYE :
dikirim oleh client user agent untuk mengindikasikan server jika percakapan
akan segera dimatikan.
5) CANCEL :
untuk membatalkan permintaan yang sedang menunggu keputusan
6) REGISTER
: digunakan oleh client untuk mendaftarkan informasi kontak Respon pesan berisi
kode status dan informasi tentang kondisi permintaan.
Dan kode ini dibagi menjadi 6 macam:
1) 1xx :
Provisional, permintaan sudah diterima dan sedang diproses
2) 2xx :
Success, permintaan sudah diterima, dimengerti dan disetujui.
3) 3xx :
Redirection, butuh tindakan lebih lanjut untuk memproses permintaan
4) 4xx :
Client Error, permintaan salah syntax dan tidak bisa diidentifikasi jadi server
tidak bisa memprosesnya.
5) 5xx :
Server Error, server gagal untuk memproses permintaan.
6) 6xx :
Global Failure, permintaan sama sekali tidak bisa diproses di server manapun
Arsitektur
dari SIP terdiri dari dua komponen yaitu user agent dan servers.
User agent
merupakan end point dari sistem dan memuat dua sub sistem yaitu user agent
client (UAC) yang membangkitkan request, dan user agent server (UAS) yang
merespon request.
SIP server adalah kesatuan fungsi logic, dimana tidak perlu
memisahkan alat secara fisik. Fungsi dari empat server tersebut yaitu:
Proxy Server
: merupakan host jaringan yang berperan sebagai perantara yang bertujuan untuk
meminta request atas nama client yang lain. Proxy harus bertindak sebagai
server dan client, dia harus mengarahkan SIP request pada user agent server,
dan mengarahkan SIP respons pada user agent client . Proxy server juga
berfungsi untuk melakukan routing, memastikan request disampaikan pada yang
berhak menerima, dan juga membuat kebijakan seperti menyakinkan bahwa pemakai
tertentu diijinkan untuk melakukan panggilan.
Redirect Server:
merupakan kesatuan logika yang mengarahkan satu klien pada perangkat pengganti
dari Uniform Resorce indicators (URIs) untuk menyelesaikan tugas request.
Registrar
Server : menerima dan memproses pesan pendaftaran yang mengijinkan lokasi dari
suatu endpoint dapat diketahui keberadaannya. Registrar Server ini kerjanya
berhubungan dengan Location Server.
Location
Server : menyediakan service untuk database abstrak yang berfungsi
mentranslasikan alamat dengan kata / keterangan yang ada pada domain jaringan.
Protokol SIP
didukung oleh beberapa protokol, diantara lain:
IETF Session
Description Protokol (SDP), merupakan protokol yang mendeskripsikan media dalam
suatu komunikasi.
Tujuan protokol SDP adalah untuk memberikan informasi aliran
media dalam satu sesi komunikasi agar penerima yang menerima informasi tersebut
dapat berkomunikasi.
IETF Session
Annoucement Protocol (SAP), merupakan suatu protocol yang setiap periode waktu
tertentu mengumumkan parameter dari suatu sesi konferensi.
IETF
Real-Time transport protocol (RTP), menyediakan transfer media secara real
time.
Real-Time
Control Protokol (RTCP), mengatur sesi secara periodik mentrasmit paket yang
berisi feedback atas kualitas dari distribusi data.
ITU_T Codec
merupakan algoritma pengkodean yang direkomendasikan, seperti G.723.1, G711,
G.728, dan G.729 untuk audio, atau H.261 untuk video.
Aplikasi
dan Kelebihan SIP
Aplikasi
- Voice over
Internet Protocol (VoIP)
- Konferensi
multimedia
- Text -
messaging
- Event -
notification -> voicemail
notification, callback notification
- Unified
Messaging - > voicemail2email
Kelebihan
1) General -
purpose
SIP dapat
diintegrasikan dengan protokol stadar IETF lainnya untuk membuat
suatu
aplikasi yang berbasis SIP.
2)
Arsitektur yang terdistribusi dan scalable
-> Proxy
- server
->
Redirect - server
->
Registrar - server
->
Location - server
3) Sederhana
Pengiriman
message berbasis HTTP (text-based), bukan binary - based.
Hal ini
menyebabkan SIP mudah diimplementasikan.
4) Mobility
-> Seorang
pengguna dapat menerima message/call yang ditujukan kepadanya.
meskipun
berpindah dari satu lokasike lokasi lainnya. Proxy - server akan
meneruskan
call ke lokasi pengguna pada saat ini.
-> Device
yang digunakan dapat berupa PC, baik di rumah maupun di kantor,
wireless phone, IP - phone, ataupun telepon
biasa.
5) Layanan
dapat dibuat dengan Call Processing Language
(CPL) dan
Common Gateway Interface (CGI), antara lain :
-> call
waiting, call forwarding, call blocking (basic feature)
-> call -
forking (melakukan call kepada beberapa endpoint)
->
Instant - messaging
-> Find -
me / follow-me
Pada umumnya
ada 3 tahapan implementasi SIP yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
Menghubungkan
SIP Proxy ke existing PBX
Migrasi User
dan terminal ke SIP Proxy
Migrasi
koneksi ke PSTN dari existing PBX ke SIP
Step 1:
Tahap pertama adalah menghubungkan SIP proxy dengan PBX system existing sebagai
gateway ke PSTN. Untuk menghubungkan dari IP Network ke PSTN, SIP proxy akan
me-routing-kan seluruh panggilan dari panggilan VoIP ke PSTN. Link koneksi bisa
menggunakan PRI ISDN maupun T1. Pertama yang harus dilakukan adalah setup SIP
proxy (SIP call manager), setelah set-up berjalan dengan baik, selanjutnya
tinggal menghubungkan ke PBX existing dengan link ISDN, E1 atau T1.
Step 2 :
Tahap selanjutnya adalah migrasi existing user dan services ke SIP. Migrasi
semua handset ke SIP baik menggunakan gateway maupun mengganti dengan handset
yang native SIP. Pendekatan dengan menggabungkan keduanya biasanya menjadi
pilihan yang baik. Selanjutnya adalah set-up SIP application server untuk
mengakomodasi fitur-fitur yang dibutuhkan user seperti voice mail, multi-party
conferencing, IVR, fine me follow me dan masih banyak lagi fitur yang disupport
SIP.
Step 3 :
Tahap 3 adalah melakukan routing panggilan ke luar melalui koneksi
internet.Banyak operator memulai menjual
SIP based dengan menawarkan layanan long distance dengan harga yang lebih
murah. Yang perlu diantisipasi adalah nature network internet yang unpredictable (seperti jitter
dan error rate) dan tentu saja security. Sebagai tahap awal SIP dapat digunakan
sebagai alternatif untuk melakukan panggilan ketika diluar kantor atau
teleworkers.
6. Instalasi Server Softswitch Berbasis SIP
Dalam menginstalasi, kita bisa menggunakan link
koneksi PRI ISDN maupun T1.
Pertama-tama,
kita harus menghubungkan proxy SIP dengan sistem existing dari PBX sebagai
gateway ke PTSN. Untuk menghubungkan jaringan IP ke PTSN, proxy SIP akan me-routing-kan seluruh panggilan dari VoIP
ke PTSN. Kemudian yang harus kita lakukan adalah mengatur (setup) proxy SIP,
setelah set-up tersebut berjalan dengan baik, tinggal menghubungkan ke PBX
existing dengan link ISDN, E1 atau T1.
Kedua adalah
pindahkan (migrasi) existing user dan services ke SIP. Migrasi semua handset ke
SIP dapat menggunakan gateway maupun dengan mengganti handset yang native SIP.
Selanjutnya, adalah set-up SIP Application server untuk mengakomodasi fitur-fitur
yang dibutuhkan oleh user seperti Voice Mail, Multi-party conferencing, IVR, Text-Messaging
dan masih banyak lagi fitur yang disupport SIP.
Ketiga, adalah
melakukan routing panggilan ke luar melalui koneksi internet. Sekarang ada
banyak operator yang menjual SIP based dengan menawarkan layanan long distance dengan harga yang lebih
murah.
Namun, ada yang harus kita antisipasi. Yaitu Nature Network Internet yang un-predictable
(misalnya jitter dan error rate), dan tentu saja security. SIP dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan
panggilan ketika sedang berada di luar kota atau teleworkers.
Soal Latihan :
1. Sebuah sistem IP PBX terdiri dari ________telepon SIP.
a. bisa ada 1
b. bisa ada 2
c. bisa ada 3
d. 1 atau lebih
e. Semua benar
2. Apa yang dimaksud dengan softphone ?
a. Hardware pada media komunikasi
b. Media komunikasi yang nyata, seperti kabel dan gagang telepon
c. Sebuah aplikasi untuk memungkinkan kita berkomunikasi melalui telepon konvensial.
d. Sebuah program yang digunakan untuk menelepon melalui jaringan internet menggunakan komputer.
e. Semua salah
3. IP PBX adalah______ yang menggunakan teknologi IP.
a. PBBX
b. PABX
c. PEBX
d. PSBX
e. PIBX
4. Apa kepanjangan dari OSS?
a. Operating System Subnet
b. Operating Subnet System
c. Operating Supporting System
d. Operating Support System
e. Operating System Support
5. Mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan adalah fungsi dari.....
a. OSS
b. Feature Server
c. Media Server
d. Media Gateway
e. Signalling Gateway
6. Penyedia layanan telefon yang
melayani pertukaran telfon yang dilayani oleh pusat di dalam suatu
perusaahaan,dan menjadi penghubung antara telefon dari publik ke telepon
perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di
area yang lebih luas atau untuk publik adalah definisi dari….
A.
PBX
B.
Layanan
otomatis
C.
Metering
call
D.
Sirkuit
E.
Direct
Inward Dialing
7.Berikut ini yang merupakan fungsi PBX
adalah..
A.Membuat koneksi (sirkuit) atau
menghubungkan antara telepon pengguna dengan yang
dituju(misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringan telepon
tidak sibuk)
B..Pesan pembuka atau sambutan (misal, selamat datang
di layanan cellular operators)
C.Layanan musik tunggu
D.dapat
melakukan panggilan Telepon ke banyak jaringan dalam satu area, biasa disebut
telekonfersi
E.Modifikasi kata sambutan
8.kemampuan melakukan panggilan dari internal kesaluran
telepon luar merupakan layanan…
A. DISA
B. Follow-me
C. Metering call
D. Layanan otomatis direktori
Panggilan Pick up
9.suatu signalling protokol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia adalah pertukaran data antar pengguna yang meliputi suara, video, atau text adalah pengertian dari..
A. ACK
B. UAC
C. SIP
D. URIs
E. User
10.Apa
yang dimaksud dengan user location..
A. Menentukan
lokasi Pengguna yang akan berkomunikasi
B. menentukan
media maupun parameter yang berhubungan dengan media yang akan digunakan untuk komunikasi.
C. Pembentukan
hubungan antara pihak pemanggil dan pihak yang akan dipanggil
D. Modifikasi
dan pemutusan sesi
E. Semua
salah
11.Proses kerja VoIP adalah
A. mengubah suara analog yang didapatkan
dari moba pada komputer menjadi paket
data digital
B. mengubah suara digital yang didapatkan
dari speaker pada komputer menjadi paket data analog
C.
mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada komputer menjadi paket
data digital
D. bukan A
E. Bukan C
F. jangan pililh opsi ini
12.PC meneruskan melalui Hub/Router/ADSL Modem
dikirimkan melalui ....
A.
jaringan internet
B. jaringan intranet
C. jaringan ethernet
D. jaringan interpolnet
E. jaringan internasionalismenet
13.PC meneruskan melalui Hub/Router/ADSL Modem
diterima oleh tempat tujuan melalui media yang...
A. beda
B.
sama
C. baru
D. lama
E. males isi
14.Selain dari PC VoIP dapat dikirimkan juga
melalui
A. Media transmisi
B. Media transportasi
B. Media transportasi
C.
media telepon
D. media massa
E. media cetak
15.Selain dari PC VoIP dapat diterima juga melalui
A.
Phone adapter
B. reciever
C. naruto
D. JNE
E. MAIL MAN
16.Di
bawah ini yang merupakan sambungan untuk VoIP adalah….
a. Sambungan LAN
b. Sambungan PAN
c. Sambungan radio
d. Sambungan satelit
e. Sambungan listrik
a. Sambungan LAN
b. Sambungan PAN
c. Sambungan radio
d. Sambungan satelit
e. Sambungan listrik
17.Untuk
menginstalasi Server Softswitch, kita bisa menggunakan link di bawah ini, yaitu…
a. Link website
b. Link T1
c. Link Formula1
d. Link HTML
e. www.switchserver.com
a. Link website
b. Link T1
c. Link Formula1
d. Link HTML
e. www.switchserver.com
. 18.Hal
apa yang di-routing-kan oleh proxy SIP saat kita menghubungkan jaringan IP ke
PTSN?
a. Panggilan dari warga ke 911
b. Alur dari website ke mobile
c. Rute perjalanan dari tujuan A ke tujuan B
d. Panggilan dari VoIP ke router
e. Alur dari Switch ke PC
a. Panggilan dari warga ke 911
b. Alur dari website ke mobile
c. Rute perjalanan dari tujuan A ke tujuan B
d. Panggilan dari VoIP ke router
e. Alur dari Switch ke PC
19.Fitur-fitur
yang diperlukan oleh user dalam SIP antara lain adalah, kecuali..
a. Voice Mail
b. Visual Studio
c. Multi-party conferencing
d. IVR
e. Text-Messaging
a. Voice Mail
b. Visual Studio
c. Multi-party conferencing
d. IVR
e. Text-Messaging
20.Di
bawah ini yang harus kita antisipasi saat menginstal Server Softswitch
a. Trojan
b. Malware
c. Notif yang berlebihan
d. Penggunaan listrik yang besar-besaran
e. Security
a. Trojan
b. Malware
c. Notif yang berlebihan
d. Penggunaan listrik yang besar-besaran
e. Security
Pembahasan :
1. E
Pembahasan : Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP. Berarti bisa saja ada 1,2,3, atau lebih telepon SIP dalam sebuah sistem IP PBX.
2. D
Pembahasan : Softphone adalah sebuah program yang digunakan untuk menelepon melalui jaringan internet menggunakan komputer. Sedangkan pilihan A dan B adalah hardphone.
3. B
Pembahasan : IP PBX adalah PABX yang menggunakan teknologi IP. Pertanyaannya, apa itu PABX?
PABX (Private Automatic Branch Exchange) adalah penyambungan komunikasi telepon yang terletak di sisi pelanggan.
Untuk info lebih lengkapnya : Klik di sini
4. D
Pembahasan : Pilihan D adalah pilihan yang tepat, karena kepanjangan dari OSS adalah Operating Support System.
5. A
Pembahasan : OSS adalah jawaban yang tepat.
11. C
Penjelasan : karena VoIP bekerja sebagai pengubah sinyal analog menjadi data digital
12. A
Penjelasan : karena PC harus melalui jaringan internet supaya dapat dikirimkan melalui Hub dan lain lain
13. B
Penjelasan : karena jika diterima media yang beda maka tidak dapat diterima
14, C
Penjelasan : karena media telepon adalah media lain selain PC
15. A
Operating support system (OSS)
Adalah elemen jaringan yang berfungsi untuk mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan, seperti managemen jaringan, provisioning, billing, monitoring,statistik, dll.
11. C
Penjelasan : karena VoIP bekerja sebagai pengubah sinyal analog menjadi data digital
12. A
Penjelasan : karena PC harus melalui jaringan internet supaya dapat dikirimkan melalui Hub dan lain lain
13. B
Penjelasan : karena jika diterima media yang beda maka tidak dapat diterima
14, C
Penjelasan : karena media telepon adalah media lain selain PC
15. A
Penjelasan : karena phone adapter merupakan penerima dari media telepon
1. Media Gateway Controller (MGC) atau Call Agent
MGC atau Call Agent adalah elemenutama softswitch, berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi elemen-elemen jaringan yang lain, dan menjembatani jaringan dengan karakteristik yang berbeda, yakni termasuk PSTN, SS7, dan jaringan IP.
2. Signalling Gateway (SG)
Signalling gateway (SG) menciptakan suatu jembatan antara jaringan SS7 dengan jaringan IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menangani pensinyalan SS7,sedangkan MGC menangani sirkit suara yang telah dibangun oleh mekanismepensinyalan SS7.
3. Media Gateway (MG)
Media gateway berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda, seperti PSTN,PLMN, VoIP H.323, dan jaringan akses pelanggan. Media gatewayterbagi menjadi trunk gateway dan access gateway
- Trunk gateway adalah mediagateway yang menjalankan fungsi media bagi softswitch class 4, yaitu merutekan trafik dari jaringan PSTN/PLMN (jaringan mobile).Trunk gateway akan melakukan proses konversi terhadap format transmisi jaringan terhubung yang berbeda beda, baik format sinyalt rafik maupun signalling atau protokolnya.
- Access gateway adalah media gateway yang menjalankan fungsi media bagi softswitch class 5 untuk menghubungkan softswitchdengan jaringan korporasi atau terminal pelanggan (CPE).
4. Media Server
Media server melaksanakan fungsinya yakni, untuk memperkaya softswitch dengan kemampuan media. Jika diperlukan, ini akan mendukung digital signal processing (DSP). Misalnya yakni untuk menanggapi respon suara, tugas itu akan dilakukan oleh media server. Media Video juga akan dilayani oleh suatu Media Server manakala bisa diterapkan.Media akses adalah media yang digunakan oleh jaringan softswitch untuk menjangkau pelanggan. Media akses dapat menggunakan cable modem, leasedcircuit, v.52, DSL, HFC, dan radio akses.
5. Feature Server
Untuk Menyediakan fasilitas atau layanan seperti billing, multi-partyconferencing, dll. Feature server menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen yang lain pada softswitch tersebut. Contoh :gatekeeper, dll.
6. Operating support system (OSS)
Adalah elemen jaringan yang berfungsi untuk mendukung operasi dan pemeliharaan jaringan, seperti managemen jaringan, provisioning, billing, monitoring,statistik, dll.
6. A
Pembahasan : PBX adalah penyedia
layanan telefon yang melayani pertukaran telfon yang dilayani oleh pusat di
dalam suatu perusaahaan,dan menjadi penghubung antara telefon dari publik ke
telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan
lainnya di area yang lebih luas atau untuk publik.
7.A
pembahasan:
Terdapat
beberapa fungsi dari PBX yaitu:
1.Membuat koneksi (sirkuit) atau
menghubungkan antara telepon pengguna dengan yang
dituju(misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringan telepon
tidak sibuk)
2.Menjaga koneksi atau sambungan selama
menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim
dengan penerima pesan)
4.Menyediakan informasi untuk kepentingan
akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)
8. A
Pembahasan:
DISA - direct inward system access
adalah kemampuan melakukan panggilan dar internal kesaluran telepon luar
9.C
Pembahasan:
SIP adalah suatu signalling protokol pada layer
aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu
sesi multimedia yang melibatkan satu atau beberapa pengguna. Sesi multimedia
adalah pertukaran data antar pengguna yang meliputi suara, video, atau text.
10.A
Pembahasan:
User
location : menentukan lokasi pengguna yang akan berkomunikasi.
1. 16. A.
Sambungan LAN
Ada beberapa variasi sambungan apabila ingin membangun
jaringan VoIP. Salah satunya adalah koneksi dari komputer ke komputer yang
menggunakan soundcard dan headset, melalui jaringan LAN.
2.
17. B.
Link T1
T1 merupakan sambungan telepon digital yang digunakan
di Amerika. Sambungan telepon ini dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi.
3.
18. D.
Panggilan dari VoIP ke router
Untuk menghubungkan jaringan IP ke PTSN, proxy SIP
akan me-routing-kan seluruh panggilan
dari VoIP ke PTSN.
4. 19. B.
Visual Studio
Visual studio merupakan sebuah perangkat lunak (jadi
bukan fitur), yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft untuk melakukan
pengembangan aplikasi; di mana bisa dalam bentuk console, Windows dan Web.
5. 20. E.
Security
Tentu saja hal keamanan adalah yang pertama yang harus
diperhatikan saat menginstalasi server softswitch, untuk mencegah
penyalahgunaan yang tidak sah.
Sumber :
- https://id.wikipedia.org/wiki/PABX
- https://id.wikipedia.org/w/index.php?search=apa+itu+OSS&title=Istimewa%3APencarian&go=Lanjut
- https://afm98.blogspot.com/2017/12/pengertian-pbx-dan-proses-kerja-pbx.html
- http://blog-komputerterapan.blogspot.com/2017/02/bab-16-diagram-rangkaian-operasi.html
- https://id.wikipedia.org/wiki/Pbx
- https://www.conceptdraw.com/How-To-Guide/voip
apa ini?
BalasHapusblog
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusblog adalah blog
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusbu yur, silahkan baca, wendy = sniffdog
Hapusblog ini sangad membantu dalam kehidupan saia, terima kasih kka kelly
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapussama sama
Hapus...
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapus