Ayo baca :)

Membaca adalah jendela dunia

Sabtu, 12 Maret 2016

Freedom For Teenagers

"Freedom" "Kebebasan", kata yang sangat sering dengar. (terutama setelah berakhirnya ulangan MID dan ulangan umum, hehehe). Menurut kalian freedom itu gimana sih? Kalau menurutku, freedom itu ketika kita dapat melakukan yang kita suka, saat tidak ada yang memarahi kita tentang apa yang kita lakukan. Kalau menurut kalian apa? Main game sepuasnya?
Nonton TV sepuasnya atau tidak ada PR? Sebenarnya semua itu benar. Kita juga pasti bilang kalau kebebasan bagi para remaja itu sangat penting. Mengapa? Nah, sekarang kita bahas ya...


1. Melatih Kemandirian

Tentu saja. Jika remaja tersebut terus dikekekang atau diatur-atur, nanti mereka jadi tidak bisa mandiri karena selalu tergantung kepada orang lain.



2. Mengetahui Potensi Kita

Remaja perlu diberikan kebebasan untuk berkreasi, berpikir agar ia dapat menunujukkan potensi mereka dan mengembangkannya.




3. Menjadikan Kita Lebih Bertanggungjawab

Kepercayaan dari orangtua untuk membiarkan kita lebih bebas, sebenarnya dapat menambah rasa tanggung jawab kita. Semakin tinggi kepercayaan orangtua, dapat menambah rasa tanggung jawab anaknya.




Tetapi, ingatlah! Kebebasan bukan berarti kita bisa melakukan apa saja tanpa batasan. Kita tentu tidak mau jatuh dalam masalah bukan? Nah, karena itu, sekarang kita akan membahas tentang faktor-faktor kenakalan remaja dan bagaimana cara mengatasinya.


1. Kurangnya Pengawasan Orangtua

Mungkin saja orangtua dari remaja tersebut terlalu sibuk sampai-sampai mereka tidak terlalu memperhatikan anaknya, atau juga bisa karena broken home, anak menjadi merasa ditelantarkan karena orangtua mereka hanya peduli dengan masalah mreeka sendiri saja.




2. Lingkungan yang Tidak Baik

Pengaruh positif dari lingkungan sekitar juga sangat penting. Jika remaja tidak mendapat contoh perlakuan yang baik dari daerah sekitarnya, maka sang remaja akan ikut-ikutan melakukan hal yang tidak baik juga.



3. Perkembangan Teknologi yang Berdampak Negatif

Sekarang, teknologi sudah sangat canggih. Ya, tentu saja perkembangan teknologi juga memberikan kita dampak positif, seperti, kita dapat mendapat informasi lebih cepat, mengerjakan tugas sekolah juga lebih cepat. Tetapi, ternyata ada dampak negatifnya juga, seperti akses yang terlalu luas dan bebas, jika kita tidak memilah informasi yang kita dapatkan dengan mudah, bisa saja terjadi: kenakalan, seperti membuka situs-situs yang tidak layak untuk dilihat ataupun kita dapat menjadi korban penipuan.



4. Kurang terbuka dalam masalah yang sedang dihadapi

Remaja yang kurang terbuka, sering melampiaskanemosinya ke hal-hal yang kurang baik.
          


Untuk mengatasi kenakalan remaja dapat dilakukan dengan cara berikut:
1. Perlunya pembelajaran agama sejak usia dini
2. Perlunya perhatian lebih dari orangtua ke anak
3. Memberi pengawasan terhadap pergaulan
4. Pengawasan terhadap perkembangan media komunikasi atau perkembangan teknologi yang sangat pesat
5. Perlunya bimbingan yang baik dari sekolah.


Semoga update kali ini bermanfaat ya guys, see you soon...




1 komentar: