Ayo baca :)

Membaca adalah jendela dunia

Minggu, 28 Februari 2016

Orang yang Pertama Kali Menciptakan PR dan Manfaatnya


         Siapa sih yang ga tahu PR (Pekerjaan rumah)? Semuanya pasti pada tahu kan. Pasti ada yang pikir, siapa sih yang nyiptain PR? Ngapa sih Harus ada PR? Banyak kan yang ga suka sama PR. Sejujurnya aku juga ga suka sama PR. Tapi, ternyata PR itu juga banyak gunanya, nah kita bahas ya.

Yang menciptakan PR adalah
Roberto Nevilis untuk murid-muridnya di Venice, Italia pada tahun 1905. Sebenarnya, tujuan Roberto adalah supaya murid-muridnya tersebut dapat lebih mengerti makna dari pelajaran yang telah mereka dapatkan, karena hal tersebut, akhirnya PR tidak hanya dijalankan sekolah itu saja, melainkan seluruh dunia mulai mengikuti sistem belajar di rumah tersebut.

Nah, sekarang kita akan membahas manfaat dari pekerjaan rumah, selain untuk mengulangi pelajaaran sekolah, PR juga bermanfaat untuk:

1. Melatih Kemandirian Kita
Jika, ada PR, setidaknya kita dapat mencoba untuk mengerjakan PR tersebut sendiri terlebih dahulu, jika ada kesusahan, kita baru bertanya kepada teman, orangtua, ataupun guru les.



2. Melatih Kita untuk Lebih Rajin
Mengapa dengan mengerjakan PR dapat melatih kita untuk lebih rajin? Karena, dalam hal mengerjakan PR, tentu saja membutuhkan pengorbanan waktu dan juga usaha kita. Jika kita sudah terbiasa, kita akan lebih mampu untuk menerima tugas yang membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh.


3. Meningkatkan Keterampilan
Dengan mengejarkan PR, kita dapat meningkatkan keterampilan dalam hal-hal seperti menulis, berhitung, menggambar, dan masih banyak lagi.


4. Menambah Partisipasi dari Orangtua
Biasanya, jika kita tidak bisa mengerjakan PR kita, kita bisa bertanya ke orang tua kita. Hal ini juga dapat meningkatkan kepedulian dari orangtua kita kepada proses pembelajaran kita di sekolah dan juga mengembangkan interaksi orangtua ke kita.


5. Menambah Kreativitas
Kok PR bisa menambah kreativitas kita? karena PR tidak selalu dalam bentuk menghitung atau hafalan, juga ada PR yang mengajak kita untuk memakai imajinasi kita, seperti contohnya, mengarang, menggambar, membuat kerajinan tangan dan juga masih banyak lagi.


Nah, sekian dulu ya untuk kali ini, aku harap teman-teman semua bisa lebih menyukai PR (aku juga, hehehe). Bye.....







4 komentar: