Ayo baca :)

Membaca adalah jendela dunia

Rabu, 29 Agustus 2018

Bab 1 : Komunikasi Data



*Versi ke-2*

1. Definisi Komunikasi Data
                  
Komunikasi data adalah komunikasi yang dilakukan secara khusus dan saling berkaitan antara transmisi pemindahan data komputer yang satu dengan yang lainnya.

Komunikasi data juga diartikan sebagai cara untuk mengirimkan data dan juga informasi tertentu dari suatu sumber (source) menuju tujuannya (destination).




2. Jenis - Jenis Aplikasi Komunikasi Data


    1. FTP FileZilla
        FileZilla adalah salah satu open source software yang dapat digunakan untuk transfer file. Selain bisa untuk transfer file, FileZilla juga mensupport penggunaan Bahasa Indonesia dan penggunaannya cukup mudah. Misalnya, jika kita ingin mengupload file, cukup mengcopy-paste ataupun langsung mendrag file yang diinginkan. 




    2. SmartFTP
        SmartFTP menggunakan media internet untuk mentransfer file. Software ini juga mensupport fungsi drag and drop dalam mengatur tampilan interfacenya. Interface-nya juga bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna.

   3. PuTTY
       PuTTY adalah software yang digunakan untuk "mengontrol" komputer lain dengan menggunakan protokol Telnet atau SSH, atau dinamakan dengan Remote Login, sehingga memungkinkan kita mengendalikan komputer B yang berada di jarak jauh sekalipun menggunakan komputer yang ada di depan kita. 


   4. RealVNC
       VNC (Virtual Network Computing) merupakan program yang bersahabat dengan antivirus, dan berkategori aman. Program ini dapat bekerja di beberapa sistem operasi yang berbeda.  Misalnya, komputer A yang menggunakan sistem operasi Linux, dapat mengakses komputer B yang sistem operasinya Windows, atau sebaliknya.

     5. WinSCP
         WinSCP adalah sebuah SFTP Client dan FTP Client yang bersifat open source yang dibuat khusus untuk pengguna Windows. WinSCP memiliki fungsi utama untuk menyimpan file-file duplicate antara komputer Ikal dan komputer remote. Aplikasi ini juga dikemas dalam bentuk portabel, sehingga dapat memungkinkan user menggunakannya di komputer yang berbeda tanpa perlu menginstallnya kembali.


3. Karakteristik Aplikasi Komunikasi Data 

     1. Pengiriman
           Sistem harus mengirimkan data ke tujuan yang sesuai. Data juga harus diterima oleh perangkat tujuan yang telah ditentukan oleh pengguna.

     2. Akurasi
        Sistem harus memberikan data yang akurat. Jika data diubah dalam transmisi dan meninggalkan sumber, data yang tidak dikoreksi tidak dapat digunakan. 


  
     3. Ketepatan Waktu
         Sistem harus mengirimkan data tepat pada waktunya. Terlambat, maka data menjadi tidak berguna. Pengiriman data yang waktu yang tepat berarti data yang diproduksi akan sama dengan aslinya, tanpa ada penundaan dari sistem. 


     4. Jitter
         Jitter mengacu pada waktu kedatangan paket. Ini adalah keterlambatan yang tidak merata dalam pengiriman paket audio maupun video. 






4. Komunikasi Audio
       
      Komunikasi audio adalah suatu bentuk komunikasi audio(suara) atau bisa dibilang proses seseorang, kelompok atau yang lainnya menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain dengan sarana suara.

      Fungsi komunikasi audio secara umum, antara lain:
        
                  1. Menyampaikan Informasi 

                      Contohnya, seperti pengumuman yang diumumkan dari speaker, seperti di bandara                              ketika memanggil nama penumpan, di bioskop, untuk mengumumkan bahwa ada pintu                        teater yang sudah dibuka, dan masih banyak lagi.


                 2. Mengirim Makna
                     
                     Fungsi ini, maksudnya adalah menyampaikan maksud dari pesan yang dikirim pada                             penerima, agar si penerima pesan mudah mengerti apa yang disampaikan oleh si                                   pengirim. 
                 3. Media Pemasaran

                     Komunikasi audio juga dapat digunakan sebagai media pemasaran. Contohnya, iklan                          yang didengarkan melalui radio.

                4. Memudahkan Komunikasi 
                 
                    Komunikasi audio juga dapat memudahkan anda dan relasi anda untuk saling                                        berkomunikasi. Contohnya, melalui telepon, handphone.


           Kemudian, apa itu media komunikasi audio?

           Media Audio adalah alat-alat yang digunakan untuk komunikasi dalam bentuk audio (suara).
          
           Contoh media audio:

           1. Telepon













             2. Radio













              3. Handphone















5. Komunikasi Video

      Komunikasi video adalah sebuah alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui penglihatan, singkatnya adalah sebuah alat komunikasi yang dapat dilihat oleh mata manusia. Komunikasi video bisa memungkinkan anda untuk melakukan sesuatu tanpa harus menemui si penerima.

Manfaat Komunikasi Video:
  • Dapat digunakan untuk menyampaikan informasi tanpa harus bertemu dengan si penerima.
  • Dapat digunakan juga untuk berkomunikasi lebih dari 2 orang dengan jarak yang berjauhan
  • Dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi guru dalam menyampaikan materi pelajaran, contohnya seperti pada aplikasi Ruang Guru.
Bentuk-Bentuk Komunikasi Video:

       1. Gambar/Foto
           
            Gambar/foto adalah salah satu contoh dari bentuk komunikasi video yang sangat umum                      ditemukan dan digunakan, foto biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan iklan dan lain                        sebagainya.

       2. Poster
            
           Poster kegunaannya adalah untuk menarik minat orang untuk mengikuti suatu acara/event                   yang diselenggarakan oleh organisasi tertentu, atau juga dapat berupa informasi-informasi                   yang dibuat sedemikian rupa agar menarik dan dapat meng-eye-catching para target pembaca.
  
       3. Grafik
   
           Grafik adalah bentuk komunikasi video yang berupa gambar sederhana yang menggunakan                 titik, garis, simbol ataupun bentuk (shape) yang menggambarkan data kuantitatif.


6. Komunikasi Audio-Video

      Komunikasi audio-video atau audio-visual adalah komunikasi yang memerlukan indra                          pendengaran dan juga penglihatan untuk benar-benar menangkap maksud dari komunikasi yang          sedang dilakukan/ ditayangkan/ dilihat. 

      Contoh media komunikasi audio-video adalah televisi, VCD Player, komputer, dan masih banyak        lagi.







Silahkan dicoba ya!

1. Di bawah ini adalah komponen-komponen pada suatu sistem komunikasi data, kecuali....

    a. Penerima (Receiver)
    b. Pengirim  (Tranceiver)
    c. Data
    d. Protokol
    e. Pemesanan

2. Salah satu teknik komunikasi data adalah....
    a. Teknik receiver
    b. Teknik telekomunikasi
    c. Teknik pendataan
    d. Teknik pengolahan komunikasi
    e.  Teknik Phase

3. Salah satu jalur yang digunakan untuk berkomunikasi data adalah...
    a. Topologi
    b. Bandwith
    c. Satelit
    d. Bus
    e. Throughput

4. Pengertian dari protokol adalah...
   a. Sebuah aturan yang menjelaskan beberapa fungsi yang ada di dalam sebuah jaringan.
   b. Kebijakan sebuah organisasi dalam mengatur sistem dan juga pembagian komunikasi yang ada           dalam ruang lingkup organisasi.
   c. Protokol jaringan komunikasi data yang diterapkan oleh ISO (International Standards                           Organizations)
   d. Standar protokol jaringan komunikasi yang dibuat oleh ARPA
   e. Paduan dari bagian-bagian yang satu sama lainnya saling bergantung 

5. Berikut ini adalah variabel-variabel dari sinyal analog, kecuali...
    a. Amplitudo
    b. Frekuensi
    c. Phase
    d. Periode
    e. Terminal

6. Apa definisi komunikasi audio?

     a. adalah suatu bentuk komunikasi melalui media komunikasi audio atau bisa    dibilang proses             seseorang,kelompok atau yang lainnya menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.

     b. adalah sebuah alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui visual atau penglihatan atau                 singkatnya adalah sebuah alat komunikasi yang dapat dilihat oleh mata manusia, komunikasi ini memungkinkan beberapa orang untuk bertemu pada saat yang sama tanpa                                   memperdulikan tempat dan waktu

     c. Komunikasi audio Visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual           berupa pengolahan-pengolahan pesan-pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya.

     d. komunikasi yang dalam bentuknya dilakukan secara khusus dan saling berkaitan antara                     transmisi pemindahan data komputer yang satu dengan komputer lainnya. 

     e. suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.

7. Radio termasuk jenis komunikasi...

     a. Audio
     b. Data
     c. Telepon
     d. Audio-VIdeo
     e. Radio

8. Apa definisi komunikasi video?

    a.adalah suatu bentuk komunikasi melalui media komunikasi audio atau bisa  dibilang proses                seseorang,kelompok atau yang lainnya menggunakan informasi agar terhubung dengan                        lingkungan dan orang lain.
  
    b.adalah sebuah alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui visual atau      penglihatan atau               singkatnya adalah sebuah alat komunikasi yang dapat dilihat oleh mata manusia, komunikasi ini         memungkinkan beberapa orang untuk bertemu pada saat yang sama tanpa memperdulikan                   tempat dan waktu.
                 
     c.Komunikasi audio Visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual            berupa pengolahan-pengolahan pesan-pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu              atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya.

     d.komunikasi yang dalam bentuknya dilakukan secara khusus dan saling berkaitan antara                        transmisi pemindahan data komputer yang satu dengan komputer lainnya.

     e. suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain.

9. Berikut ini yang termasuk komunikasi video adalah...
   
    a. Radio
    b. Telepon
    c. Gambar
    d. Tape Recorder
    e. Walkie-talkie

10. Berikut ini adalah komunikasi, berdasarkan informasi yang ditumpangkannya, kecuali...
      
      a. Komunikasi Audio
      b. Komunikasi Video
      c. Komunikasi Audio-Video
      d. Komunikasi Data
      e. Komunikasi Analog

11. Jenis-jenis aplikasi komunikasi data beberapa di antaranya bersifat open source. Yang dimaksud         open source adalah....
       a.       Bisa dibuka oleh siapa saja
       b.       Bisa diakses oleh siapa saja 
       c.       Merupakan software alami dari sistem operasi
       d.      Tidak berbayar
       e.       Dapat dijadikan software portable

12.  Di bawah ini adalah aplikasi-aplikasi komunikasi data, kecuali...
       a.       FileZilla
       b.       SmartFTP
       c.       Visual Studio
       d.       RealVNC
       e.       WinSCP

13. Di bawah ini yang merupakan pengertian baseband adalah ...
      a.       Serangkaian tegangan yang ditransmisikan melalui media kawat
      b.       Ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog
      c.       Sinyal data dalam bentuk gelombang yang sifatnya berlanjut
      d.       Gelombak elektro magnetik yang disebar melalui suatu media berdasarkan spektrum dan                     frekuensinya
      e.       Jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik

14. Berikut ini yang merupakan pengertian dari Receiver (penerima) dalam komunikasi data adalah..
      a.       Komponen yang membangkitkan data/informasi yang akan ditransmisikan
      b.       Jalur yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan
      c.       Komponen yang menerima informasi yang telah dikirim kemudian mengubahnya menjadi                   informasi yang sama pada saat dikirimkan
      d.       Alat yang berfungsi untuk memproses data yang berasal dari sumber untuk disalurkan ke                     sistem transmisi
      e.       Alat untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan memprosesnya untuk dijadikan                           informasi

15. Yang mengizinkan pengguna untuk membuat daftar situs FTP beserta koneksinya adalah fungsi          dari...

      a. FTP
      b. Transfer queve
      c. CuteFTP
      d. Site Manager
      e. File and folder view


16. A. Pengiriman
      B. Akurasi
      C. Informasi
      D. Jitter
      
      apa saja yang termasuk karakteristik aplikasi komunikasi data
      a. A,B,C
      b. B,C,D
      c. A,B,D
      d. Semua salah
      e.  Semua benar

17. Pengiriman adalah... 
      a. Waktu kedatangan paket
      b. Suatu sistem yang mengirimkan data ke tujuan yang sesuai, menuju ke perangkat yang                       disesuaikan oleh pengguna.
      c. Suatu bentuk komunikasi melalui media komunikasi audio atau bisa dibilang proses                              seseorang, kelompok atau yang lainnya menggunakan informasi agar terhubung dengan                      lingkungan dan orang lain.
      d. software yang digunakan untuk mengontrol komputer lain dengan menggunakan protokol                    telnet  atau SSH
     e. Sesuatu yang dikirim 

18. Berikut ini adalah salah satu karakteristik dari komunikasi data...
      a. Akurasi
      b. FTP
      c. FileZilla
      d. PuTTY
      e. Chart

19. Salah satu bidang di mana pengguna dapat mengakses langsung ke program file, adalah...
      a. Bidang pengumpulan data
      b. Bidang tanya jawab
      c. Bidang remote job entry
      d. Time Sharing
      e. Semua salah

20. contoh komunikasi dari titik ke titik atau point to point communication adalah...
     a. televisi
     b. radio
     c. telepon
     d. router
     e. kulkas

*Masih dalam tahap pengerjaan*


Pembahasan : 

1. e
Pembahasan : Hanya pilihan "e" yang tidak termasuk komponen pada sistem komunikasi data.

2. b
Pembahasan : Teknik telekomunikasi adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan penyampaian informasi.

3. c
Pembahasan : Satelit dapat digunakan sebagai jalur akses. Biasanya jangkauan satelit luas dan menjangkau lokasi yang tidak mungkin dijangkau oleh device (alat).

4. a
Pembahasan : Berikut adalah definisi dari protokol.

5. e
Pembahasan : Terminal bukanlah variabel dari sinyal analog.

Berikut adalah definisi dari setiap pilihan : 
a. Amplitudo, yaitu tinggi rendahnya gelombang 
b. Frekuensi, yaitu jumlah / banyaknya gelombang tiap detik
c. Phase, yaitu besarnya sudut yang dibentuk oleh gelombang pada saat tertentu. 
d. Periode, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk membentuk sebuah gelombang. 

6. a
Pembahasan : Pilihan "a" adalah definisi dari komunikasi audio

7. a
Pembahasan : Radio hanya mengeluarkan suara/audio saja, jadi radio termasuk jenis komunikasi audio.

8. b
Pembahasan : Pilihan "B" adalah definisi dari komunikasi video.

9. c
Pembahasan : Karena gambar termasuk salah satu dalam bentuk-bentuk komunikasi video.

10. e
Pembahasan : Komunikasi Analog tidak termasuk pada hal tersebut.

11. d
Pembahasan : Open Source merupakan istilah yang digunakan pada software yang membiarkan penggunanya dapat melihar source code-nya, melihat bagaimana software tersebut bekerja, bahkan pengguna dapat memperbaiki dan mengembangkan software tersebut menjadi lebih baik.

12. c
Pembahasan : Visual Studio tidak termasuk aplikasi komunikasi data. Karena Visual Studio merupakan sebuah perangkat lunak lengkat (suite) yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Entah itu aplikasi bisnis, personal, atau lainnya. Applikasi yang dikembangkan juga dapat bersifat web, desktop bahkan mobile.

13. a
Pembahasan : Baseband (Pita basis) merupakan metode penggunaan media komunikasi yang frekuensinya dilewati oleh suatu pembawa (carrier) untuk mentransmisikan data. Contoh penggunaannya adalah ethernet, yang merupakan jaringan internet yang disambungkan dengan sebuah carrier(kabel).

14. e
Pembahasan : Contoh penggunaan Receiver adalah modem. Modem akan menerima sinyal analog dari jaringan/jalur transmisi dan mengubahnya menjadi suatu digital bit stream.

15. d
Pembahasan : Site manager adalah yang mengatur terkoneksinya suatu atau lebih data pada SFTP.

16. c
Pembahasan : A,B,D merupakan karakteristik dari komunikasi data.
                 
 Pengiriman :    Sistem harus mengirimkan data ke tujuan yang sesuai. Data juga harus diterima oleh perangkat tujuan yang telah ditentukan oleh pengguna.

Akurasi : Sistem harus memberikan data yang akurat. Jika data diubah dalam transmisi dan meninggalkan sumber, data yang tidak dikoreksi tidak dapat digunakan.

Jitter : Jitter mengacu pada waktu kedatangan paket. Ini adalah keterlambatan yang tidak merata dalam pengiriman paket audio maupun video.

17. b
Pembahasan : Pilihan "b" adalah definisi dari pengiriman.

18. a
Pembahasan : Akurasi adalah karakteristik dari komunikasi data.

Akurasi : Sistem harus memberikan data yang akurat. Jika data diubah dalam transmisi dan meninggalkan sumber, data yang tidak dikoreksi tidak dapat digunakan.

19. b
Pembahasan : Karena bidang tanya jawab dapat langsung mengakses langsung ke program file.

20. c
Pembahasan : Jawabannya adalah telepon karena informasi dari sumber (source) hanya ditujukan kepada satu point penerima saja.





Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar